Amrullah Jadi Irup Peringati Hari Santri

Kasus
0

SamudraNews.com |Acehh Timur- Penjabat Bupati Aceh Timur Amrullah M. Ridha menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Santri Nasional 2024 yang di helat di Lapangan Pusat Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur Selasa (22/10/2024).

Dalam amanatnya, peringati setiap  22 oktober adalah momentum bagi kita semua, untuk mengenang dan meneladani para santri yang telah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan indonesia. Cetus Amrullah

Sejarah telah mencatat bahwa kaum santri adalah salah satu kelompok yang paling aktif menggelorakan perlawanan terhadap para penjajah. 

Salah satu bukti perlawanan santri terhadap para penjajah adalah peristiwa “resolusi jihad” 

Tambah Amrullah, 22 oktober tahun 1945 yang dimaklumatkan oleh hadratus syekh kiai haji hasyim asyari. dalam fatwa “resolusi jihad” itu, hadratus syekh kiai haji  hasyim asyari menyatakan bahwa, “...berperang menolak dan melawan penjajah itu fardlu ‘ain (yang harus dikerjakan oleh tiap-tiap orang islam, laki-laki, perempuan, anak-anak, bersenjata atau tidak) bagi yang berada dalam jarak lingkaran 94 km dari tempat masuk dan kedudukan musuh”

Sejak resolusi jihad dimaklumatkan, para santri dan  masyarakat umum terbakar semangatnya untuk terus berjuang dan mempertahankan kemerdekaan indonesia,  Kata Penjabat Bupati Aceh Timur Amrullah M. Ridha.

Hadir pada peringatan itu, unsur Forkompinda dan Forkopimcam serta para Santri Dayah di Kabupaten Aceh Timur.


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)