Peringati Hari WCD, DLH Langsa Gelar Patroli Sampah

Kasus
0

SamudraNews.com | Langsa-Aceh, Hari Bersih-bersih Sedunia (World Cleanup Day/WCD) tahun ini diperingati pada tanggal 20 September 2024. Acara tahun ini berlangsung setelah ditambahkan ke dalam Kalender Hari Internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).



Namun di Kota Langsa kita peringati WCD pada hari Minggu (29/9/2024) dengan bergotong royong mengupulkan sampah mulai dari simpang 4 sungai Pauh hingga ke jembatan KM 5.

"Tujuan peringatan kampanye Hari Bersih-bersih Sedunia ini adalah untuk mengaktifkan masyarakat dunia dalam melakukan perubahan sosial terkait sampah yang tidak terkelola dengan baik. Semua sektor, mulai dari negara-negara dunia, dan seluruh lapisan masyarakat diajak turut bergabung dalam kampanye ini" ujar Kadis DLH Ade Putra Wijaya Siregar, ST.MM.


Lanjutnya, Masuk Kalender Peringatan Internasional PBB Seperti dilansir situs resmi World Cleanup Day, tanggal 20 September sebagai Hari Bersih-bersih Sedunia telah ditambahkan ke dalam Kalender Hari dan Minggu Internasional resmi PBB. Penambahan peringatan ini dalam kalender internasional PBB dilakukan mulai tahun 2024 dan berlaku untuk seterusnya.

" Hal tersebut memberikan kesempatan yang lebih besar untuk menyatukan puluhan juta peserta dalam kerja sama lintas sektor, menyatukan warga negara, pemerintah, dan organisasi untuk mengatasi krisis sampah yang tidak terkelola dengan baik secara global dan membantu menciptakan dunia baru yang lebih berkelanjutan dan bebas dari sampah" beber Putra lagi.

Sejarah dan Perjalanannya dari Masa ke Masa Adapun peringatan Hari Bersih-bersih Sedunia sendiri sudah dibentuk sejak tahun 2008. Bermula di negara kecil Eropa utara, Estonia, pada tahun 2008, ketika sebanyak 50 ribu orang bersatu untuk melakukan kegiatan bersih-bersih di seluruh negeri mereka hanya dalam lima jam.

"Untuk itu, Hari ini Dinas Lingkungan Hidup Kota Langsa mengerah kan seluruh pegai baik yang PNS atau pun non PNS, Palang Merah Indonesia (PMI) melalui Palang Merah Remaja (PMR) 
seluruh perwakilan Sekolah tingkat SMA sederajat, Bank Sampah Induk Srikandi, Pencinta lingkungan, Saka Kalpataru Kota Langsa PMR
 Kota Langsa / PMI Green Youth Movement Perbanusa, melakukan patroli sampah dari Simpang 4 sungai pauh hingga KM 5 Kuala Langsa dan sampah yang sudah di kumpulkan di angkut ke TPA" tandasnya.

| Roby Sinaga 


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)