Pasar UMKM Kabupaten Aceh Timur Menjadi Ajang Promosi Produk Daerah Ke Nusantara

Kasus
0



SamudraNews.com | Aceh Timur-Aceh- Pemerintah Kabupaten Aceh telah membuka pasar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Pasar Seni selama perhelatan PON XXI Aceh Sumut, bazar  ini dibuka pada tiga titik lokasi dalam komplek Idi Sport Center ( ISC). 

Ketua Pasar UMKM Dan Pasar Seni Kabupaten Aceh Timur Muhammad Oriza, SE  mengatakan pasar UMKM ini dapat menjadi wadah promosi bagi produk unggulan daerah, seni budaya, program kerja, hingga produk-produk lokal UMKM. 

" Tentunya  ini menjadi ajang  untuk mempromosikan produk khas daerah, seni budaya,  hingga berbagai produk lokal UMKM kepada nusantara, " kata   Ketua Pasar UMKM Dan Pasar Seni Kabupaten Aceh Timur Muhammad Oriza, SE, minggu 15 September 2024. 
Oriza merincikan pasar usaha UMKM  dibagi di tiga titik , adapun titik pertama yang dipromosikan seperti kuliner Banden Tanpa Duri, Mie Aceh/ Martabak, Tahu Gila dan Minuman, Colak Dingin ( COLDING) Cekman Peurelak, dan kue khas Aceh lainnya seperti Pulut Hijau.

 Sementara di bazar seni memamerkan barang cagar budaya dari Dinas  Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Timur, Kerajinan  dari Dekranasda dan PKK Kabupaten Aceh Timur,  fashion dan kerajinan dari Rumah BUMN.Sedangkan di titik ketiga ada stand kerajina Bordir dan anyaman Pandan dari Ratna Taylor, madu hutan dan madu linot, bidadari home cake kue khas Aceh, pisang sale dan mobil kopi.

“Selama dibuka bazar pameran ini di kunjungi banyak pengungjung, baik dari masyarakat dan para atlet yang memanfaatkan kesempatannya usai pertandingan,”  tambah Oriza.
Salahsatu pengunjung Rahmadani asal Idi Rayeuk mengaku perhelatan PON  XXI Aceh- Sumut Cabang Sepaktraw di Aceh Timur sangat meriah, meskipun perhelatannya hanya satu cabor, ia mengakui ada yang  beda jika dilihat selama event berlangsung.
 “ Ini sangat beda, karena tamu- tamunya ini datang jauh- jauh dari provinsi se Indonesia. Patut kita bangga karena ini sejarah baru  untuk olahraga  kancah nasional bisa ditonton di Aceh Timur,”  tandas Rahmadani. 

“Maka momentum ini, perlu dimanfaatkan dengan baik sehingga kabupaten Aceh Timur memberi kesan kepada tamu  baik dari pelayanannya, hingga potensi produk- produk daerah yang dimiliki,” tambahnya. 


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)