Kepala MAN Singkil Tekankan Pentingnya Sosialisasi Pangan dan Jajanan Sehat bagi Siswa

Kasus
0
Foto: Man Aceh Singkil gelar Sosialisasi Pangan dan Jajanan sehat bersama sejumlah sekolah madrasah.

SamudraNews.com | Aceh Singkil –Aceh,  Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Aceh Singkil Elni Afrida, menegaskan pentingnya sosialisasi pangan dan jajanan sehat di kalangan siswa guna mendukung tumbuh kembang yang optimal serta meningkatkan kualitas pembelajaran. 

Hal ini dia sampaikan dalam kegiatan sosialisasi "Pangan Sehat, Jajanan Aman" yang digelar di lingkungan Aula sekolah setempat Kamis, 12 September 2024.

Menurut Elni, pemahaman tentang pentingnya pola makan sehat, perlu ditanamkan sejak dini agar siswa dapat membuat keputusan yang tepat dalam memilih makanan, baik di sekolah maupun di rumah. 

Ia menekankan bahwa kebiasaan mengonsumsi jajanan sehat sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan fisik dan konsentrasi belajar siswa.

"Kesehatan adalah fondasi utama dalam proses belajar," ucapnya.

"Jika siswa terbiasa mengonsumsi makanan yang sehat, mereka akan lebih fokus dan produktif di kelas". 

Oleh karena itu, tambahnya, sosialisasi ini sangat penting agar siswa dapat memahami dan menerapkan pola makan yang sehat setiap hari.

Elni juga menyampaikan bahwa jajanan yang tidak sehat dan mengandung bahan berbahaya bisa memicu berbagai penyakit seperti obesitas, diabetes, hingga gangguan pencernaan. 

Oleh sebab itu, pihak sekolah akan bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk orang tua dan Dinas Kesehatan setempat, untuk memastikan jajanan yang beredar di sekitar sekolah memenuhi standar kesehatan.

Dia berharap melalui program ini, siswa tidak hanya mengonsumsi jajanan sehat di lingkungan sekolah, tetapi juga membawa kebiasaan ini ke lingkungan keluarga dan masyarakat.

"Kami ingin siswa kami tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga sehat secara fisik," pungkasnya.

Kegiatan sosialisasi ini diakhiri dengan pembagian leaflet dan buku panduan mengenai jajanan sehat kepada seluruh siswa dan orang tua, serta workshop mengenai cara memilih bahan makanan yang sehat.

Kegiatan itu dihadiri Kasi Pendis Kemenag, Pengawas Madrasah, Unsur Puskesmas Kecamatan Singkil, kepala SMA N 1 Singkil, Kepala SMK Muhammadiyah Singkil, Kepala UPTD SPF SMPN 2 Singkil, Kepala UPTD SPF SDN 4 Singkil, Kepala MTsN 1 Aceh Singkil, Kepala MIN 1 Aceh Singkil.| KM


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)