Ratusan Santri Semarakkan MTQ II Dayah Huda

0

Samudra
News.com
LANGSA (Waspada) : Ratusan santri ikut ambil bagian dalam menyemarakan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) II Dayah Hikmatul Ulum Dinniyyah Assunnah (HUDA), di Gampong Sukajadi Kebun Ireng, Kecamatan Langsa Lama, Kamis (11/7).

Pj Wali Kota Langsa, Syaridin SPd, MPd, yang diwakilkan kepada Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah (DSI dan PD) Kota Langsa, Kamaruzzaman SHi, saat membuka MTQ II menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh panitia atas terselenggarakannya acara MTQ ini, dengan tema "Menciptakan Generasi Qur'ani, Berakhlakul Karimah, Menjauhkan Diri dari Ancaman Penyalahgunaan Narkoba, Menjaga Kamtibmas dan Terhindar dari Budaya Asing Menuju Indonesia Emas." 

Dimana tema ini bukan sekadar kalimat, melainkan komitmen untuk membangun pondasi yang kokoh bagi masa depan umat dan bangsa kita.
"Generasi qurani adalah landasan kita dalam membangun karakter yang tangguh dan bermartabat. Melalui pembelajaran Alquran, kita tidak hanya menghafal ayat-ayat-Nya, tetapi juga mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya," kata Kamaruzzaman.

Masih katanya, akhlakul karimah, atau akhlak yang mulia, menjadi ukuran keberhasilan pendidikan kita di Dayah HUDA, karena sejatinya Islam mengajarkan untuk menjadi insan yang bermanfaat bagi sesama.

"Ancaman penyalahgunaan narkoba dan berbagai bentuk kejahatan adalah ujian nyata bagi keamanan dan ketertiban masyarakat. Kita harus bersama-sama menjaga Kamtibmas agar setiap individu bisa hidup dalam lingkungan yang aman dan tenteram. Budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai-nilai keislaman juga perlu dihindari, agar Indonesia tetap bersinar sebagai negara yang beradab dan berkeadilan," paparnya.

Dalam momentum ini, mari kita tingkatkan semangat untuk belajar dan mengamalkan ajaran Islam, serta memperkuat solidaritas di antara kita sebagai umat yang satu. 

Semoga acara MTQ II ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga sarana untuk mempererat ukhuwah Islamiyah dan memuliakan alquran sebagai petunjuk hidup kita.
"Bersama-sama mendoakan agar langkah-langkah kita di jalan Allah swt senantiasa mendapat ridhaNya dan menjadi bekal kebaikan bagi generasi yang akan datang," ungkapnya.

Sedangkan Pimpinan Dayah Hikmatul 'Ulum Diniyyah Assunnah (HUDA), Tgk Mudawali Tasman, SAg, mengucapkan terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu sampai terlaksananya MTQ II Dayah HUDA pada hari ini, kami hanya bisa berdoa, semoga Allah qabulkan hajat dan cita-cita, Allah berikan keturunan yang shalih dan shalihah, Allah sehatkan, Allah berikan keberkahan rizki yang berlimpah, Allah jadikan amal jariah, dan menjadi saksi bisa berkumpul dengan rasulullah di dalam syurga.

Lebih rinci MTQ II ini diikuti oleh lebih 100 peserta dari santri dayah HUDA yang mengikuti 8 cabang perlombaan diantaranya Azan Subuh Tajizi, Ayat-ayat pendek, mewarnai, doa sehari-hari, pidato, baca kitab, cerdas cermat dan mufradat.

Selain itu juga MTQ II bertujuan untuk menciptakan generasi emas di 10 tahun mendatang, tentunya berakhlakul karimah dan jauh dari narkoba yang berlandaskan alquran dan hadist.

Geuchik Gampong Kebon Ireng, Edi Putra Amd, menyatakan berkat hadir Dayah Huda dapat membawa perubahan yang lebih baik untuk generasi muda.

"Lima tahun kedepan anak-anak kami, Insya Allah menjadi generasi emas penghafal Alquran dan alhamdulilah atas capaian ini," ujarnya.

Seksi P2M BNN Kota Langsa, Cut Maria S.Sos, sangat bangga sekali pada pimpinan dayah Huda yang telah berhasil mendirikan dayah untuk mendidik anak cinta quran.

"Semoga dayah ini bisa maju, berkembang dan Gampong Suka Jadi Kebon Ireng masuk zona hijau artinya terbebas dari ancaman narkoba," ungkapnya.

Kasubbag Kemenag Langsa, Jafar S.Sos.I, apresiasi pada pimpinan dayah Huda yang telah mencetak generasi penerus qurani.

"Kepada anak-anak kami tetap semangat mengikuti MTQ ini, karena Alquran adalah kalam Allah yang wajib dipelajari secara mendalam," pintanya.

Sekretaris Baitul Mal Kota Langsa, Juawahir, dalam kesempatan itu juga menyerahkan kitab untuk Dayah Huda, dan acara ditutup dengan pemberian penghargaan termasuk kepada Harian Waspada serta sponsor dan berbagai pihak sebagai ungkapan terimakasih dari pihak Dayah Huda. (crp).

Teks foto :
Kepala DSI dan PD, Kamaruzzaman saat berpose bersama peserta MTQ II Dayah Hikmatul Ulum Dinniyyah Assunnah (HUDA), di Gampong Sukajadi Kebun Ireng, Kecamatan Langsa Lama, Kamis (11/7).

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)