Puluhan Kader Posyandu Desa tumpatan nibung Ikuti Pelatihan Pencegahan Stunting

0
Deli Serdang: Dalam upaya meningkatkan kapasitas kader Posyandu di Desa tumpatannibung kecamatan batang kuis Kabupaten Deli Serdang, melaksanakan pelatihan peningkatan bagi kader dalam rangka dan pencegahan stanting pada Senin 22/7-2024. Pelatihan yang berlangsung di Aula Kantor Desa, ini mengambil tema Pencegahan stunting melalui sinergi kader Posyandu dan masyarakat, dan di ikuti peserta sebanyak 50 peserta dari kader posyandu dan masyarakat, dan 4 narasumber.

Kepala Desa SARIANTO dalam sambutannya mengatakan bahwa Posyandu memiliki peran yang strategis dalam upaya mewujudkan kesehatan masyarakat dan program nasional Konvergensi Stunting di Desa.

Sesuai dengan tujuan dibentuknya Posyandu yang merupakan garda utama layanan dasar kesehatan adalah untuk percepatan penurunan angka kematian ibu dan anak, maka sasaran Posyandu bukan saja pada balita saja, tetapi juga ibu hamil, ibu menyusui dan ibu nifas,” ujar SARIANTO.

Lebih lanjut, SARIANTO menjelaskan bawha Posyandu menjadikan prioritas dan intervensi layanan harus dijabarkan dan diaplikasikan dinilai memberikan kontribusi yang besar dalam upaya penanganan stunting di desa. Dengan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan bayi dan balita melalui pengisian kurva KMS, balita yang mengalami permasalahan pertumbuhan dapat dideteksi sedini mungkin, sehingga tidak terjadi stunting.

Saya harap para peserta mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan seksama sehingga dapat memahami seluruh materi yang disampaikan para narasumber sebagai bekal melaksanakan kegiatan di desa masing-masing,” ucapnya 

mengingatkan kepada seluruh peserta bahwa tidak ada pribadi atau lembaga di desa secara mandiri yang dapat menangani permasalahan stunting, perlu sinergitas dari seluruh pihak.

Turut hadir dalam acara pelatihan tersebut kepala desa tumpatan nibung SARIANTO  

Ibu kepala desa CRISTIN MELATI 

Kapus batang kuis sebagai narasumber bersama tim Ibu H LENY S TIANI

Ketua PKK kecamatan Batang kuis narasumber 

KUPT KB batang kuis narasumber 

Kasi PMD Batang kuis narasumber 

dan juga hadir masyarakat setempat,(waty)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)