Kebakaran Lahan Landa Lima Kecamatan di Aceh Singkil

0
Petugas pemadam Kebakaran lahan di Aceh Singkil terus berupaya memadamkan lahan di sejumlah kecamatan.(dok. BPBD Aceh Singkil)

SINGKIL - Kebakaran lahan melanda lima kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil, akibatnya kabut asap merebak di sejumlah pemukiman warga.

Mardin, warga Desa Suka Damai, Kecamatan Singkil, mengungkapkan kampungnya telah dilingkupi kabut asap selama sepekan terakhir.

"Asap akibat kebakaran lahan sudah mencapai pemukiman dan jalan umum," ujar Mardin kepada wartawan pada Rabu, (24/7).

Dia mengaku mobil pemadam kebakaran telah dikerahkan selama tiga hari terakhir namun, kabut asap masih terlihat menyelimuti pada malam hari.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Singkil, Alhusni, membenarkan adanya kebakaran lahan di Desa Suka Damai dan sekitarnya.

"Titik kebakaran tidak hanya di Desa Suka Damai dan Desa Selok Aceh, Kecamatan Singkil, namun juga melanda Kecamatan Suro, Gunung Meriah, Kuta Baharu, dan Danau Paris," jelas Alhusni.

BPBD terus berkoordinasi dengan pihak terkait dan masyarakat setempat untuk memastikan proses pemadaman berjalan lancar. Untuk wilayah Desa Selok Aceh dan Desa Suka Damai, Kecamatan Singkil, kabut asap sudah berhasil diatasi.

"Termasuk disejumlah titik wilayah Kecamatan Suro, Gunung Meriah, Kuta Baharu, kabut asap sudah tertangani, kecuali Desa Biskang, Kecamatan Danau Paris, yang masih berkabut akibat kebakaran lahan," ujarnya.

Menurut Alhusni, kebakaran lahan ini disebabkan oleh kelalaian pemilik lahan diperparah lagi dalam situasi musim kemarau. 

Kendala lain selama proses pemadaman, khususnya di kawasan Desa Biskang, Danau Paris, adalah sulitnya mencari sumber air dan medan pegunungan yang jauh dari jalan.

"Sehingga tidak memungkinkan petugas BPBD menuju titik api," tambahnya.

Dalam sepekan terakhir, katanya, kebakaran lahan di Aceh Singkil telah melanda area seluas kurang lebih 11 hektare di tempat-tempat terpisah. 

Secara terperinci, kawasan yang terbakar adalah Kecamatan Danau Paris sekitar 3 hektare, Kota Baharu 1 hektare, Suro 1 hektare, Gunung Meriah 3 hektare, dan Kecamatan Singkil 3 hektare.

BPBD terus berjibaku memadamkan kebakaran lahan dengan menurunkan enam unit mobil pemadam kebakaran, pompa jinjing dan Alkon. 

"Saya meminta Pemerintahan Kecamatan dan aparatur desa juga diharapkan untuk mengingatkan masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar sembarangan.| KM

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)