IWO INDONESIA Sumut adakan Rapat Koordinasi, komitmen dan kepedulian pengurus,

0
Medan: DPW Ikatan Wartawan Online Indonesia (DPW IWOI) Sumatera Utara mengadakan pertemuan rapat koordinasi lintas program dan lintas sektoral. Acara ini dilaksanakan di Sekretariat DPW IWO INDONESIA Sumut, Jln Menteng 7 Perumahan Menteng Indah Blok B-I No. 22 Medan -Sumatera Utara, Selasa 17 Juli 2024 sekira pkl. 11.00 Wib pkl 14.00 Wib.
 
Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan komitmen dan keperdulian seluruh pengurus IWO INDONESIA dan jajaran se Kabupaten/ Kota se Sumatera Utara. Sesuai tugas pokok dan peran serta media dalam menyampaikan informasi kepada publik.
Serta peningkatan SDM sehingga mutu pelayanan informasi berkualitas dan berkualitas, memberikan edukasi ditengah masyarakat. Terlebih -lebih untuk mencegah terhadap berita hoaks atau informasi fitnah yang dapat meresahkan dan kegaduhan ditengah masyarakat.

Kegiatan ini dihadiri Ketua DPW IWOI Sumut, Sekretaris dan Wakil Bendahara, serta sejumlah pengurus bidang -bidang. Turut hadir sebagai peserta undangan dari DPD IWO INDONESIA Deli Serdang.
Acara ini dibuka oleh Ketua IWOI Sumut, Ratno SH, MM didampingi Sekretaris, Budi Sudarman dan Bendahara, Hariaty Panggabean. Pertemuan berlangsung sederhana dengan santai dan relaks. 

Ditegaskan Ratno SH, MM salah satunya adalah visi dan misi sesuai di dalam AD/ART IWO INDONESIA dimana diperlukan kerja sama dalam meningkatkan fungsi dan peran serta media yang tergabung di bendera IWO Indonesia.
Kekompakan sesama media-media yang tergabung di bendera IWO INDONESIA harus terus ditingkatkan, baik kualitas dan kuantitas sehingga dapat menghasilkan karya tulis yang berbobot dan memberi manfaat bagi masyarakat. Tidak cukup itu, tapi ada rasa memiliki dan kepedulian terhadap sesama profesi," ujar Ratno SH, MM yang juga Pemimpin Redaksi RADARINDO.CO.ID didampingi Ketua DPD IWO INDONESIA Deli Serdang.

Apalagi, menjelang Pilgub Sumut dan Pilkada Kabupaten/Kota se Sumatera Utara. Maka pengurus unsur pengurus bisa mengajukan kerjasama menjadi media partner kepada para kandidat dengan tetap menjaga independensi media sesuai Undang-undang pokok pers nomor 40 tahun 1999 dan kode etik jurnalistik.
Oleh karena itu, ujar Ratno SH, MM martabat organisasi pers harus dijaga untuk tidak tercoreng. Karenanya, bagi pengurus DPD IWO INDONESIA se Kabupaten/ Kota yang sudah terbukti sesuai SK Pengangkatan sebaliknya melaporkan ke Kesbangpol setempat untuk di verifikasi data.

Kenapa harus kompak? Pers sesungguhnya salah satu pilar dalam penegakan Supremasi hukum. Maka rapatkan barisan untuk satu suara untuk keadilan. Salah satu contoh terhadap kasus wartawan dari Kabupaten Karo, Sempurna Pasaribu yang tewas bersama keluarga karena rumah korban dibakar diduga akibat pemberitaan perjudian dan narkoba.
Sempurna Pasaribu tapi tugas kita sebagai pers harus membongkar dalang intelektual dibalik kasus tersebut. Maka ketika DPW atau DPD IWOI menyampaikan rilis berita semua media yang tergabung di bendera IWO INDONESIA harus mempublikasikan berita -berita tersebut. Bahkan Dewan Pers dan organisasi lain telah mengecam tindakan tak berprikemanusiaan," tegas Ratno SH, MM yang juga Ketua Lembaga Republik Corruption Watch (RCW) Sumut.

Bukan hanya itu, tandasnya lagi, ada beberapa berita penting lainya seperti pencabulan anak dibawah umur, KDRT, pelanggaran Hak Azasi Manusia (HAM) lain -lain. Tugas kita harus mempublikasikan agar Aparat Penegak Hukum segera mengambil sikap. Maka pers agar terus bersinergi dengan lembaga yudikatif.
Maka kapasitas dan status pengurus DPD IWO INDONESIA harus jelas, lazimnya setelah mendapat SK Pengangkatan maka sebaiknya diadakan pelantikan pengurus DPD IWO INDONESIA sehingga Forkopimda termasuk masyarakat mengetahui keberadaan organisasi yang kita pimpin," ungkapnya.

Anehnya, ada beberapa pengurus DPD IWO INDONESIA sejak menerima SK Pengangkatan, mereka beraudiensi dan kemudian "mati suri". Tapi celakanya, Ketua dan pengurusnya masih cuap-cuap di media mengaku anggota IWOI. Pengurus yang seperti ini hanya melakukan azas manfaat dan berlindung di IWOI agar usahanya terbentengi.
Mereka tidak punya sekretariat dan kemana -mana hanya jualan proposal saja. Kami pengurus DPW IWO INDONESIA Sumut akan menyurati secara DPRD, Bupati atau Walikota serta Polres setempat untuk tidak mengindahkan itu. Jika mereka masih membawa-bawa nama IWOI kita tidak akan segan -segan mengambil sikap, serta akan membekukan kepengurusan.

Keberhasilan membangun komitmen sangat ditentukan kesinambungan lintas program dan lintas sektoral bagi DPW dan DPD IWO INDONESIA se Sumatera Utara. Dengan upaya mendayagunakan segenap potensi personil IWOI yang ada", tandasnya.

Ditempat yang sama, Ketua DPD IWO INDONESIA Deli Serdang, Ibrahim Siregar mendukung statemen Ketua DPW IWOI Sumut. Maka kita diperlukan penguatan terintegrasi dari semua pihak. Sehingga keberadaan IWO INDONESIA dapat menjadi media partner lembaga eksekutif, yudikatif, legislatif dan BUMN guna mempublikasikan kegiatan resmi kepada publik. Setidaknya dapat memberi edukasi dan motivasi membangun, ujar pria yang biasa disapa Baem Siregar.(Waty)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)