FKUB Aceh Singkil Mengudara Bahas Kerukunan Umat Beragama

0

Samudra
News.com
SINGKIL - Upaya memperkuat kerukunan umat beragama, pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Aceh Singkil mengudara di stasiun RRI Singkil di Ketapang Indah, Singkil Utara.

Syiar di stasiun media nasional RRI Singkil milik pemerintah itu bertema "Peran dan Fungsi FKUB dalam Merawat Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Aceh Singkil." 

Talkshow yang digelar pada Jumat (12/7) kemarin itu, menghadirkan tiga pengurus FKUB Aceh Singkil, yaitu Ketua FKUB Haji Ramlan, Wakil Sekretaris Mustafa, dan Cocok Hariadi Manik. 

Ketua FKUB Haji Ramlan menjelaskan peran dan fungsi FKUB dalam menjaga keharmonisan umat beragama di wilayah Aceh Singkil.

Menurut Haji Ramlan, FKUB menjalankan tugasnya berdasarkan Qanun Nomor 4 Tahun 2016 tentang Pedoman Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama dan Pendirian Tempat Ibadah.

Tugas-tugas tersebut meliputi dialog dengan tokoh lintas agama, sosialisasi regulasi dan peraturan terkait kerukunan umat beragama, penyerapan aspirasi dari organisasi masyarakat dan agama, penyampaian aspirasi kepada pemerintah, serta rekomendasi izin pendirian rumah ibadah.

"Kami telah menjalankan tugas-tugas ini sesuai amanah Qanun Aceh Nomor 4 Tahun 2016," ujar Haji Ramlan," ujarnya. 

"Program-program yang telah kami laksanakan meliputi dialog dengan tokoh lintas agama, pembentukan Forum Pemuda Lintas Agama (Pelita), dan sosialisasi regulasi serta aturan terkait kerukunan umat beragama."

Saat ini, kata Ramlan, FKUB Aceh Singkil juga tengah menjalankan program "FKUB Masuk Kampus" yang bertujuan untuk mensosialisasikan kerukunan umat beragama dan penguatan moderasi beragama bagi mahasiswa.

Sementara Cocok Hariadi Manik, perwakilan FKUB dari komunitas Katolik, menambahkan bahwa peran FKUB sangat penting dalam menjaga harmoni umat beragama.

"FKUB berperan sebagai jembatan komunikasi antara umat beragama, baik secara internal maupun dengan pemerintah, terutama jika terjadi gesekan," katanya. 

Dia berharap semoga kerukunan umat beragama di Aceh Singkil tetap terbina dengan baik dan dapat mewujudkan kerukunan yang abadi.

Acara talkshow ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kerukunan umat beragama dan peran FKUB dalam menciptakan lingkungan yang harmonis di Kabupaten Aceh Singkil. | KM

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)