Kemenag Kota Langsa Menggelar Pemantapan Bimbingan Manasik Haji

Kasus
0

SamudraNews.com | Langsa-Aceh, Kantor Kementrian Agama Kota Langsa menggelar Pemantapan Bimbingan Manasik Haji dan di hadiri oleh 162 calon jemaah haji asal Kota Langsa.

Acara di buka oleh Pj.Walikota Langsa Syaridin, S.Pd.M.Pd yang di gelar di Aula SMKN 3 Langsa Rabu (15-16 Mei 2024) dan di hadiri oleh seluruh jemaah calon haji, Ketua MPU Langsa dan tamu undangan lain nya.


Dalam kesempatan itu Kakankemenag Kota Langsa H.Fadhli,S.Ag mengatakan bahwa, Kegiatan ini di selenggarakan berdasarkan
1. UU no 8 tahun 2019.
2.Peraturan Menteri Agama RI no 13 tahun 2021.
3.Keputusan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah no 113 tahun 2024
4.Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Aceh no 103 tahun 2024 tentang alokasi anggaran biaya penyelenggaraan ibadah haji bersumber dari biaya perjalanan Ibadah Haji dan nilai manfaat tahun anggaran 2024.
5.Surat Keputusan Kepala kantor Kementerian Agama kota Langsa no 44 tahun 2024 tentang petunjun Operasional Kegiatan (POK) Rencana Kerja Anggaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (RKA BPIH) tahun 2024 kantor Kementerian Agama Kota Langsa.


"Tujuan kegiatan ini adalah, Pemantapan Bimbingan Manasiqul haji dan Umrah serta Konsolidasi Pemantapan Kloter Haji Kota Langsa" imbuh nya.

Lanjut nya, Selama mengikuti bimbingan manasik haji Reguler ini para calan jemaah haji mendapat pasilitas seperti:
1.Ruang kegitan yang reprensif
2.Paket ATK dan copy bahan atau meteri masik haji
3.Komsumsi 3 kali senack dan 2 kali makan siang
4.Penunjang lain nya.

" Sedangkan materi manasik haji berdasarkan kurikulum/silabus bimbingan manasik haji yang tercantum didalam keputusan Direktur jendra penyelengara haji dan umrah no 113 tahun 2024 tentang pedoman bimbingan manasik haji bagi jamaah haji reguler pada Kabupaten/kota .

Menurut Kakamenag  Langsa tahun 2024 ada 162 calon jemaah haji yang terdiri dari 64 orang laki laki dan 98 orang  wanita.

" Dari 162 calon jemaah haji kota Langasa ada dua jemaah haji tertua dan termuda se Kota Langsa.
Jamaah tertua bernama Khadijah binti Tgk Sabi Usia 88 tahun dari Gp Bukit Meutuah Kecamatan Langsa Timur. Sedangkan jemaah termuda bernama Siti Shaura Al Amna binti Amir Busra usia 19 tahun warga Gp.Tualang Teungoh Kecamatan Langsa Kota" ujarnya.

Dia melanjutkan, 162 jemaah haji akan diberangkatkan gelombang ke dua ke Mekah yang tergabung dalam kloter 09 BTJ Aceh yang terdiri dari kabupaten Aceh Tamiang, Bireuen,dan Aceh Utara, akan masuk asrama haji embarkasih Banda Aceh 6 juni 2024 dan di brangkatkan ketanah suci pada tanggal 7 Juni 2024 pada pukul 3.35 wib.

" Calon jemaah haji kota Langasa mendapat bantuan dari pemerintah Kota Langsa :
1.Penyediaan bus pembrangkatan dan pemulangan jemah haji.
2.Diseiakan Truck untuk mengangkut barang bawaan jemaah haji 
3.Menyediakan komsumsi pembrangkatan dan Pemulangan Jemaah haji
4.Menyediakan petugas pendamping daerah untuk pembrangkatan dan Pemulanga jemaah haji.

"Terahir, Kakamenag Langsa mengucapkan selamat kepada seluruh jamah calon haji semoga menjadi haji yang makbrul serta selamat nantinya tiba di tanah air" tandasnya.

| Roby Sinaga

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)