Dayah Bustanu Malikussaleh Ruhul Quddus Menggelar Maulid Nabi Muhammad

Kasus
0




SamudraNews.com | Langsa-Aceh, Dayah Bustanu Malikussaleh Ruhul Quddus yang di Pimpin oleh Tgk. H. Salahuddin Muhammad, S.Ud., M.H. menggelar acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw. Masyarakat sekitar pun Dayah juga berduyun duyun menghadirinya.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw di pusat kan Meunasah lingkungan Dayah di Sinpang Comodore Gampong Birem Puntung Kecamatan Langsa Baro Kota Langsa Senin (11/12/2023).

Untuk peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw kali ini Tgk. H.Salahuddin Muhammad, S.Ud., M.H.yang kerap disapa Abati menghadirkan Tgk.H.Ismi A.Jalil (Abu Ismi) untuk membawakan Tausyah seputar kelahiran dan kemuliaan Nabi Muhammad Saw.


Kepada media ini Tgk. H.Salahuddin Muhammad, S.Ud., M.H mengatakan bahwa, Dengan memperingati Maulid Babi akan menyebabkan diturunkan oleh Allah SWT Rahmat dan keampunannya kepada yang mengadakan, mendengarkan dan membacakan tentang peringatan maulid Nabi, serta melalui peringatan ini kita ingin lebih mengenali baginda Rasulullah Muhammad SAW.

"Maulid Nabi adalah acara peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang diperingati setiap tanggal 12 Rabiul Awal di Tahun Gajah" imbuh nya.


Bergembira atas dilahirkannya Nabi Muhammad SAW dianjurkan sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Yunus Ayat 58, berikut:

قُلْ بِفَضْلِ اللَّهِ وَبِرَحْمَتِهِ فَبِذَلِكَ فَلْيَفْرَحُوا هُوَ خَيْرٌ مِمَّا يَجْمَعُونَ

Artinya: "Katakanlah, dengan anugerah Allah dan rahmatNya (Nabi Muhammad Saw) hendaklah mereka menyambut dengan senang gembira." (QS.Yunus: 58)

Umat Islam yang memperingatinya baik yang mengadakan ataupun menghadiri, akan mendapatkan pahala. Pasalnya, perbuatan itu merupakan wujud kegembiraan dan kecintaan umat Islam kepada Rasulullah SAW sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW.

مَنْ أَحَبَّنِى كَانَ مَعِيْ فِي الْجَنـَّةِ

"Barang siapa yang senang, gembira, dan cinta kepada saya maka akan berkumpul bersama dengan saya masuk surga".

Syafa'at yang didapatkan ketika memuliakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW juga disebutkan dalam sebuah hadits dalam kitab 'Anwarul Muhammadiyah' karangan Syekh Yusuf Bin Ismail An-Nabhani.

مَنْ عَظَّمَ مَوْلِدِىْ كُنْتُ شَفِيْعًا لَهُ يَـوْمَ الْقِيَا مَةِ. وَمَنْ أَنْفَقَ دِرْهَمًا فِى مَوْلِدِى فَكَأَ نَّمَا اَنْفَقَ جَبَلاً مِنْ ذَ هَبٍ فِى سَبِيْلِ اللهِ

"Barangsiapa yang memuliakan (memperingati) hari kelahiranku maka aku akan memberinya syafa'at pada hari kiamat. Dan barang siapamemberikan infaq satu dirham untuk memperingati kelahiranku, maka akan diberi pahala seperti memberikan infaq emas sebesar gunung fi sabilillah.

Sahabat Abu Bakar Ash-Shidiq berkata :

مَنْ أَنْفَقَ دِرْ هَماً فِى مَوْ لِدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ رَفِيْقِيْ فِى الْجَنَّةِ

"Barangsiapa yang memberikan infaq satu dirham untuk memperingati kelahiran Nabi SAW, akan menjadi temanku masuk surga", tutup Abati Yang juga ketua MPU Kota Langsa .

| Roby Sinaga


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)