Sambut Malam Nisfu Sya’ban Ponpes Yapila Langsa Gelar Ceramah Agama Dan Do’a Bersama

0

SamudraNews.com | Langsa - Sebagian umat muslim meyakini malam Nisfu Sya'ban adalah malam pengampunan dosa, oleh karena itu, tak jarang umat muslim menggunakan malam tersebut untuk mengerjakan berbagai kegiatan.

Seperti yang dilakukan Pondok Pesantren Tahfidz Qur'an Yapila Langsa melaksanakan Ceramah Agama dan Do'a Bersama dalam rangka menyambut bulan Nisfu Sya’ban yang dilaksanakan di halaman Pondok Pesantren Yapila, Gampong Birem Puntong, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Selasa (07-03-2023) malam.


Diawali dengan pembacaan Basmallah dilanjutkan dengan penampilan oleh Santriwan-Santriwati Ponpes Yapila, Ceramah Agama dan dilanjutkan dengan Do'a Bersama.

Wakil Ketua Yayasan Ponpes Yapila Muhammad Maulana Haritni, mengatakan bahwa Ceramah Agama dan Do'a Bersama ini dalam rangka menyambut bulan Nisfu Sya’ban dilaksanakan oleh para pengasuh dan para santri yang bertujuan agar kami semua selalu diberikan kesehatan dan keselamatan dunia akhirat oleh Allah SWT.


Peringatan malam Nisfu Sya’ban yang dilakukan bersama Santri menjadikan hubungan kompak semakin dekat, "ungkapnya.

Semoga kegiatan ini mendapat syafa’at dari Allah SWT. Karena bulan Nisfu Sya‘ban merupakan bulan yang di dalamnya terdapat berbagai peristiwa bersejarah, melaksanakan do’a bersama agar selalu mendapat keselamatan dan perlindungan Allah SWT di dunia maupun di akhirat nanti, "tutupnya.

Sementara Tengku Hanafiah menyampaikan bahwa Nisfu Sya'ban merupakan saat yang dinantikan ummat Islam diseluruh dunia. Dalam tiga malam pertengahan Sya'ban, Allah menurunkan keberkahan di muka bumi. Rasulullah Muhammad S.A.W sampai berpesan agar kita tidak melewatkan malam yang penuh dengan keberkahan tersebut, "ungkapnya. 


Lanjut Tengku Hanafiah menjelaskan bahwa Rosulullah SAW menganjurkan ummatnya untuk memperbanyak amal sholeh di malam tersebut demi meraih berkah yang terkandung di dalamnya.

Dalam ceramahnya tersebut juga disampaikan tentang keutamaan malam Nisfu Sya'ban, serta memberikan amalan Nisfu Sya'ban. Yakni ba'da Maghrib membaca surah Yaasin 3 kali dengan membaca niat pertama agar dipanjangkan umur dan diberi kekuatan iman Islam, kedua agar diampuni segala dosa serta ketiga agar dilancarkan rezeki yang halal dan barokah.


Dijelaskan juga tentang malam-malam yang mustajab. Dimulai dari malam jum'at, malam Idul Adha, malam Idul Fitri, malam pertama bulan Rajab dan malam Nisfu Sya'ban. Oleh karenanya malam ini perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan mengoptimalkan ibadah, "pungkasnya.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)