Pendampingan Petani,Serka Muhdir Babinsa Koramil 11/Birem Bayeun Terjun Langsung Ke Sawah Bantu Perawatan Padi

0

SamudraNews.com | Aceh Timur – Babinsa Koramil 11/BRB Kodim 0104/Aceh Timur Serka Muhdir melaksanakan pendampingan dalam perawatan lahan pertanian padi di Desa Paya Alue Gadeng, Kecamatan Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur, Selasa (31/01/2023).

Disela sela kegiatan tersebut Serka Muhdir mengatakan,Ini adalah peran serta kami sebagai Babinsa dalam pendampingan kepada para petani, Sudah menjadi komitmen kami untuk mendampingi para petani, ikut membantu mereka mulai dari pengolahan tanah, penanaman dan perawatan padi sampai dangan panen,” ujarnya.

Kegiatan pendampingan ini merupakan salah satu tugas pokok seorang babinsa, karena babinsa merupakan ujung tombak satuan teritorial untuk mewujudkan masyarakat yang makmur dan sejahtera di dalam berbagai bidang khususnya pertanian. 

Seperti yang kita ketahui bersama, perawatan tanaman padi sangat diperlukan terutama apabila sudah tumbuh rumput di sekitar tanaman tersebut jika dibiarkan akan mengganggu tanaman padi itu sendiri dan akibatnya tanaman menjadi kurang subur, bahkan akan menutup pertumbuhan padi yang dapat menjadikan tanaman kurang sehat.

Menurut Serka Muhdir, salah satu tujuan penyiangan, untuk membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi persaingan penyerapan hara antara tanaman utama dan gulma, mengurangi hambatan produksi anakan selain itu agar sinar matahari dapat ditangkap oleh tanaman padi di bagian bawah.

“Apabila tanaman utama terbebas dari gulma maka pencahayaan sinar matahari dapat secara maksimal diserap tanaman,"tandas Serka Muhdir.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)