Kadisdikbud Langsa Menggelar Acara Pementasan, Pameran Dan GSMS

0

SamudraNews.com | Langsa-Aceh, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Langsa menggelar pementasan dan pameran serta Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) dan diikuti sekitar 
113 pelajar SD dan SMP se kota Langsa acara di gelar digelar di Mesuem Langsa Senin (1/8/2022).



Kadisdikbud Kota Langsa Dra Suhartini, MPd menyatakan bahwa, kegiatan GSMS perdana dilaksanakan Disdikbud Kota Langsa yang bekerja sama dengan Dewan Kesenian Aceh.

" Kegiatan GSMS  sengaja digekar bertujuan untuk merekrut seniman berbakat, terutama bagi anak anak di pinggiran kota, yang berkeinginan atau berbakat untuk mengembangkan kearifan lokal" imbuhnya.


Menurut Suhartini, Bukan anak-anak di kota saja yang punya kesempatan tampil, anak-anak yang berada dipinggiran kota harus berani tampil, ini penting di lakukan karena keberanian anak anak bagian dari karakter yang sudah dilatih oleh rekan-rekan dari GSMS begitu juga bersama guru pendampingnya.

"Selain menggelar
pementasan dan pameran
GSMS kita juga menggelar
pameran temporer dimana pameran ini mengandung karya tematis serta adanya barang baru dari Museum Langsa seperti Cap Seukureung, Pedang Pocut Meurah Intan sebanyak dua buah dan masih banyak barang lainnya 

“Kami berharap dengan bayaknya penambahan barang baru di Museum membuat pengunjung tidak bosan bosan mengunjungi Museum, dan kita berharap dapat wujudkan seni dan budaya agar anak-anak mengenal dan mencintai budaya Kota Langsa" Tutupnya.

Sementara itu Ketua panitia yang juga Kabid Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa, Basri Ananda SE, mengatakan bahwa  Disdikbud mengelar pameran temporer Kota Langsa bertema kebangkitan seni dan budaya berbasis kearifan lokal Kota Langsa.

“Pameran ini juga kita isi dengan kegiatan GSMS bekerjasama dengan pengembangan dan Direktorat
Pemanfaatan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset danTeknologi"
paparnya.

Menurut Basri saat ini Disdikbud Kota Langsa terpilih dari 24 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, Kota Langsa bisa menunjukan secara langsung bahwa para seniman Kota Langsa bersinergi dengan Dinas.

Adapun yang ikut ambil bagian dalam pementasan hari ini seniman 10 peserta, Asisten Seniman 10 dan SDN 12 Langsa 10, SDN 2 Meurandeh 12, SDN Matang Setui 12, SDN 15 Langsa 10, SDN 1 Alur Dua 10, SMPN 1 Langsa 10, SMPN 11 Langsa 10, SMPN 7 Langsa 10, SMPN 12 Langsa 17 dan SMPN 2 Langsa 12, yang mana total siswa yang tampil pementasan 113 peserta.

Kegitan tersebut di hadiri oleh Wakil Wali Kota Langsa, Dr H Marzuki Hamid MM.Sekretaris Disdikbud, Dra Ratna Dewi, Kabid SMP, Zulfadli SE, Kabid Pendidikan Dasar
Muhammad Ikhsan, ST M.CIO, Kabid Paud, , Indrana Syahputra dan para Kepala Sekolah.

Pantauwan media ini semenjak di pimpin oleh Dra Suhartini, M.Pd Disdikbud Kota Langsa semakin maju dan berkembang, bahkan gedung balai juang yang semula kosong saat ini telah di jadikan Museum dan banyak pengunjungnya.

RB

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)