Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme Prajurit, Kodim Aceh Timur Gelar Upacara Bendera Hari Senin

0

SamudraNews.com | Langsa - Guna meningkatkan jiwa nasionalisme dan tingkatkan kedisiplinan Prajurit, Kodim 0104/Aceh Timur menggelar upacara bendera rutin Senin 25 Juli 2022, bertempat di lapangan upacara Makodim 0104/Atim, Jln. Jenderal Ahmad Yani, Desa Payabujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa.

Bertindak sebagai Inspektur upacara Kapten Arh Nana Sutiana, Komandan Upacara Kapten Inf Sukamto, dan sebagai Perwira Upacara Kapten Inf Razak, yang diikuti seluruh anggota Makodim 0104/Atim dan perwakilan dari jajaran Koramil yang sudah di tunjuk sebagai peserta upacara.

Kegiatan upacara ini merupakan kegiatan rutin di Makodim 0104/Aceh Timur pada setiap hari Senin, begitu pula pada tanggal 17 setiap bulannya dan upacara hari besar/nasional lainnya yang bertujuan untuk menumbuhkan disiplin, semangat nasionalisme, patriotisme, persatuan dan kesatuan bangsa.

"Upacara adalah salah satu bentuk kegiatan yang mengajak kita untuk berjiwa nasionalis. Saat menghormat kepada bendera dengan iringan lagu Indonesia Raya, mencerminkan cinta kepada tanah air bangsa dan negara Republik Indonesia sekaligus bangga karena Sang Merah Putih berkibar dengan gagahnya," ungkap Dandim 0104/Atim Letkol Inf Agus Al Fauzi, S.I.P., M.I.Pol yang diwakili Danramil 12/Sry Kapten Arh Nana Sutiana saat memberikan amanat saat memimpin upacara.

Disamping menumbuhkan sikap kedisiplinan prajurit kegiatan ini juga mengajarkan untuk mengenang jasa dan mendoakan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa pahlawannya.

Rangkaian upacara tersebut dimulai dengan laporan perwira upacara kepada Irup, dilanjutkan dengan penghormatan pasukan kepada Irup, laporan Komandan upacara, pengibaran sang merah putih, mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila, pengucapan sapta marga, dan ditutup dengan pembacaan doa.(Ihy)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)