Berbagi Tali Asih Pada Kaum Dhuafa Menjadi Agenda Rutin Brimob Aramiah

0


SamudraNews.com | Aceh Timur-Aceh, Komandan Kompi 2 Batalyon B Pelopor AKP Rizki Julianda Putera Buna,S.I.K. Menugaskan AIPDA Hendri Arisandi  Melaksanakan tali Asih Door To door Berbagi Rejeki kepada masyarakat yang sudah berjalan setiap hari jumat dan hari ini membagi tali Asih ke  Gampong Seuneubok Dalam Kec. Rantau Selamat Kab. Aceh Timur, Jumat (22/7/2022).

Dalam proses penyerahan sembako anggota Brimob Aramiah di dampingi aparatur Gampong Seunebok Dalam dengan cara mendatangi rumah-rumah warga yang memang benar-benar  membutuhkan uluran tangan kita.

Kepada awak media Komandan Kompi 2 Batalyon B Pelopor AKP Rizki Julianda Putera Buna,S.I.K. Malalui AIPDA Hendri Arisandi menjelaskan bahwa, 
Perintah menyantunin kaum dhuafa secara tegas diungkap dalam sejumlah ayat Al Quran. Ayat yang dimaksud adalah surat Al Isra ayat 26-27 dan juga surat Al Baqarah ayat 177.

"Sementara menurut istilah, dhuafa dapat disebut sebagai golongan orang yang hidup dalam kemiskinan, kesengsaraan, kelemahan, ketidakberdayaan, penderitaan, dan bentuk ketidakberuntungan lainnya. Dhuafa ini juga dapat dilihat dari kelemahan finansial, fisik, hingga psikis" urai nya..

Menurutnya, Definisi dhuafa sebetulnya telah disunggung dalam salah satu sabda Rasulullah SAW. Dari Abu Darda, Rasulullah SAW pernah bersabda,

عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَبْغُوْنِي الضُّعَفَاءَ، فَإِنَّمَا تُرْزَقُوْنَ وَتُنْصَرُوْنَ بِضُعَفَائِكُمْ (رواه أبو داود)

Artinya: "Carilah keridhaanku dengan berbuat baik kepada orang-orang lemah, karena kalian diberi rezeki dan ditolong disebabkan orang-orang lemah di antara kalian," (HR Abu Dawud).

Konteks lemah bagi kaum dhuafa ini bukan berarti mereka enggan berusaha atau pun malas. Sebaliknya, lemah ini diakibatkan dari kesulitan yang dihadapinya hingga membuat mereka tidak punya pilihan lain selain bergantung pada bantuan orang lain.

Islam juga mengajarkan umatnya untuk saling membantu sesama muslim. Kita sebaai umat muslim sudah sepatutnya senantiasa bermanfaat untuk orang lain dengan menolong mereka yang membutuhkan. Allah berfirman dalam surat At Taubah ayat 71,

وَالْمُؤْمِنُونَ وَالْمُؤْمِنَاتُ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ يَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَيُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَيُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَيُطِيعُونَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ أُولَئِكَ سَيَرْحَمُهُمُ اللَّهُ إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

Artinya: "Dan orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan, sebagian mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, melaksanakan salat, menunaikan zakat, dan taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Mereka akan diberi rahmat oleh Allah. Sungguh, Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.

Masyarakat Gampong Seuneubok Dalam juga memberi Apresiasi kepada Bapak Danki Brimob dan kepada seluruh anggota Brimob kompi Aramiah. semoga apa yang di sumbangkan dibalas berlipat-lipat ganda oleh Allah SWT. ujar kak Muh salah seorang warga yang menerima bantuan seraya berharap agar kegiatan seperti ini menjadi agenda rutin setiap minggunya,harap nya.

| Roby Sinaga

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)