Babinsa Koramil 11/Brb, Dampingi Bidan Desa, Ratna A.Md.Keb. Sosialisasikan "Aplikasi Elsimil Elektronik".

0

SamudraNews.com | Aceh Timur  - Babinsa Koramil 11/Brb, Serda M Amin bersama Bidan Desa, Ratna A.Md. Keb. beserta Kader KB Desa Alue Canang, yang didampingi oleh perangkat Desa Alue Canang, Sosialisasikan aplikasi eletronik siap Nikah dan Hamil (Elsimil) yang bertujuan untuk menekan kasus Stunting yang diawali dari pasangan calon pengantin, Selasa, (19-07-2022).

Ratna A.Md.Keb. menjelaskan,   Aplikasi Elsimil ini berfungsi sebagai alat skrining kondisi calon pengantin, Aplikasi ini menghubungkan calon pengantin dengan petugas pendamping, yang dijadikan sebagai wadah edukasi tentang kesiapan menikah dan hamil dan alat pantau kepatuhan calon pengantin dalam melakukan treatmen peningkatan status gizi, 

Lanjut "jadi aplikasi ini bukan untuk menunda pernikahan, silakan menikah, ini justru membantu kesiapan pasangan." terangnya

"Aplikasi ini menjadi salah satu upaya menurunkan Stunting melalui kesiapan calon pengantian dalam kondisi ideal siap menikah," katanya. 

Calon pengantin yang akan menikah, idealnya tiga bulan sebelumnya sudah mengakses aplikasi ini, melalui layanan yang ada, para calon pengantian akan diberikan edukasi dan pendampingan siap menikah dan hamil kepada Calon Oengantin (Catin).

Kegiatan Sosialisasi dan ujicoba Aplikasi Elsimil digelar di Sekolah TK Desa Alue Canang, turut didampingi  oleh Babinsa Koramil 11/Brb, M.Amin dan dihadiri peserta siap nikah siap hamil bagi calon pengantin yang  berjumlah 20 orang, ucap  
Ratna A.Md. Keb. Melalui awak media.

Danramil 11/Brb, Kapten Czi. Karsono, mengatakan, Aplikasi ini telah diterapkan Provinsi Nangroe Aceh, yang kegiatannya akan dilaksanakan Se Kabupaten, dengan stake holders terkait dan seluruh elemen yang ada di daerah sampai ditingkat desa seperti saat  ini.

Sosialisasi aplikasi kepada calon pengantin ini sesungguhnya membantu calon pengantin benar-benar siap menikah.

Sehingga dari sejak dini para calon ibu yang mengalami riwayat penyakit berat dapat menunda kehamilannya, karena dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap janin.

Untuk itu bagi pasangan yang mengalami penyakit berat disarankan untuk menunda kehamilan dan bisa menggunakan alat kontrasepsi.
 
"Ini tidak ribet, justru aplikasi ini membantu calon pengantin siap menikah dan melahirkan generasi yang berkualitas,"

Kami sebagai Muspika Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur mendukung penerapan Aplikasi Elsimil agar kualitas SDM yang dihasilkan akan lebih baik pungkas Kapten Czi, Karson

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)